PENERAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL UNIVERSITAS MELALUI KONSEP TRIPLE BOTTOM LINE UNTUK MENDUKUNG UNIVERSITAS YANG BERKELANJUTAN

Detak Prapanca, Prapanca and Wisnu Panggah, Setiyono and Aisha Hanif, Aisha Hanif PENERAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL UNIVERSITAS MELALUI KONSEP TRIPLE BOTTOM LINE UNTUK MENDUKUNG UNIVERSITAS YANG BERKELANJUTAN. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis.

[img] Text
12. Kepemimpinan desa tangguh terhadap kinerja Penyelesaian Covid-19_Sinta 4 .pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terlaksananya pembangunan berkelanjutan menjadi tanggung jawab setiap lapisan masyarakat, salah satunya adalah universitas sebagai bagian dari lembaga pendidikan yang ada di masyarakat. Dalam menjalankan kegiatan usahanya, universitas tidak hanya mementingkan profit saja, tetapi juga mementingkan pelestarian lingkungan hidup serta masyarakat sekitar. Sehingga pembangunan berkelanjutan (sustainable development) tersebut dapat memenuhi kebutuhan esensial saat ini tanpa harus mengorbankan sumber daya alam untuk generasi yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah dampak diterapkannya Penerapan Tanggung Jawab Sosial Universitas Melalui Konsep Triple Bottom Line untuk mendukung Universitas yang Berkelanjutan dan untuk mengetahui bagaimanakah konsep Triple Bottom Line pada Universirt Social Responsibility untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development). Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi pada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Surabaya dan Universitas Muhammadiyah Gresik. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis dan interpretasi data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, menginterpretasi data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Sidoarjo, Surabaya dan Gresik telah menerapkan konsep triple bottom line dalam pelaksanaan kegiatan university social responsibility (USR) guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development).

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mr Detak Prapanca
Date Deposited: 05 Apr 2023 10:40
Last Modified: 05 Apr 2023 10:40
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/11312

Actions (login required)

View Item View Item