KINERJA UMKM MELALUI PENGUATAN KELEMBANGAAN DAN DIGITAL MARKETING SAAT PANDEMI COVID-19

Detak Prapanca, Prapanca and Sriyono, Sriyono and Sarwenda, Biduri KINERJA UMKM MELALUI PENGUATAN KELEMBANGAAN DAN DIGITAL MARKETING SAAT PANDEMI COVID-19. Studi Kasus Inovasi Ekonomi.

[img] Text
6. Kinerja UMKM melalui penguatan kelembagaan dan digital marketing_Sinta 5_SKIE.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Belum kokohnya fundamental perekonomian Indonesia saat ini, mendorong pemerintah untuk terus memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sektor ini mampu menyerap tenaga kerja cukup besar dan memberi kontribusi terhadap pemerintah. Eksistensi UMKM memang tidak dapat diragukan lagi karena terbukti mampu bertahan dan menjadi roda penggerak ekonomi, terutama pasca krisis ekonomi. Namun demikian saat UMKM menghadapi banyak sekali permasalahan saat terjadinya Pandemi Covid-19. Abdimas ini memberikan solusi permasalahan yang ada melalui penguatan digital marketing dan kelembagaan terhadap UMKM untuk meningkatkan kinerja UMKM. Metode dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah dengan metode riset aksi atau sering dikenal dengan istilah PAR atau Participatory Action Research, yaitu suatu proses di mana peserta kegiatan ikut terlibat dalam upaya untuk menggali persoalan atau masalah yang ada pada diri dan lingkungan mereka. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yang digunakan untuk sebagai obyek adalah UMKM Desa Telasih Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur dilaksanakan pada ditengah masa pandemic Covid-19. Mitra dalam kegiatan ini adalah pemilik usaha lele yang berada di desa tersebut, serta warga UMKM yang lainnya dan juga mahasiswadari Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial, agar terjadi proses pembelajaran bagi mahasiswa sesuai dengan program MBKM. Hasil yang diperoleh saat terjun kelapangan adalah ditemukan kelemahan dari UMKM bahwa UMKM tidak mampu mengatasi masalah pemasaran yang ada serta lemahnya legalitas kelembagaan yang dimiliki sehingga UMKM tidak mampu bersaing. Solusi yang ditaarkan adalah memberikan edukasi dan implementasi digital marketing serta pembuatan legalitas kelembagaan. Melalui Solusi tersebut diharapkan UMKM mampu meningkatkan kinerjanya serta mampu mengatasi danpak dari Pandemi Coid-19.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mr Detak Prapanca
Date Deposited: 05 Apr 2023 10:39
Last Modified: 05 Apr 2023 10:39
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/11303

Actions (login required)

View Item View Item