Paramitha Amelia Kusumawardani, PAK (2021) Plagiasi artikel judul EDUKASI GIZI PADA MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG GIZI. Jurnal Abadimas Adi Buana, 5 (01). pp. 123-129. ISSN 2622-5719
Text
indria2016,_14._Hanik_S5_2_abdimas.pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dinegara berkembang, adanya transisi gizi membuat prevalensi gizi meningkat sehingga mengalami beban ganda untuk masalah gizi dimana gizi yang kurang maupun lebih dapat menganggu proses pertumbuhan dan perkembangan terutama pada anak serta dapat meningkatkan risiko penyakit pada anak maupun orang dewasa. Survey pendahuluan di Desa Sidokepung kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, masih terdapat balita gizi kurang sehingga tim pengabdi mengadakan edukasi mengenai gizi yang melibatkan para pembudidaya ikan lele dan masyarakat umumnya. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan ceramah, kunjungan, dan demo langsung. Kegiatan ceramah dan kunjungan dilakukan untuk pemahaman materi gizi seimbang sedangkan demo langsung dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan tentang penerapan gizi seimbang sehingga dapat diterapkan dalam pemberian makanan sehari-hari yang bergizi seimbang. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah meningkatnya pemahaman dari peserta edukasi tentang gizi seimbang dari 55% menjadi 92% sehingga masyarakat cukup tertarik pada masalah yang disajikan. Selain itu, terdapat peningkatan kesadaran dari 66% menjadi 89% tentang gizi seimbang yang merupakan keharusan dan kewajiban setiap keluarga apalagi didukung dengan sebagian besar masyarakat merupakan peternak budidaya ikan lele. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya edukasi tentang gizi seimbang kepada masyarakat terutama ibu yang mempunyai anak balita
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Health Science > School of Midwifery |
Depositing User: | Paramitha Amelia |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 04:21 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 04:21 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/11091 |
Actions (login required)
View Item |