PARKIR BERLANGGANAN DI KABUPATEN SIDOARJO (Studi Interaksi Simbolik Parkir Berlangganan di Kabupaten Sidoarjo)

Rudiyanto, Doni (2014) PARKIR BERLANGGANAN DI KABUPATEN SIDOARJO (Studi Interaksi Simbolik Parkir Berlangganan di Kabupaten Sidoarjo). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PARKIR BERLANGGANAN KABUPATEN SIDOARJO8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (992kB) | Preview

Abstract

Program parkir berlangganan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Sidoarjo sangat menarik untuk dijadikan sebagai bahan penelitian. Hal ini karena adanya fenomena bahwa, pada area parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo banyak terjadi praktek-praktek menyimpang. Hal tersebut terjadi karena juru parkir berlangganan Kabupaten Sidoarjo merasa kurang dengan gaji yang selama ini mereka terimah. Untuk menambah penghasilan setiap harinya, juru parkir berlangganan menggunakan strategi interaksi simbolik tersebut. Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang parkir berlangganan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui apa saja model interaksi simbolik yang digunakan juru parkir dalam pemungutan liar retribusi parkir, dan untuk mengetahui sejauh mana pelanggan parkir memaknai model interaksi simbolik yang digunakan juru parkir. Jenis penelitian kualitatif dan data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa ditemukannya juru parkir liar yang berkordinasi dengan juru parkir berlangganan. Juru parkir liar tersebut setiap harinya harus memberikan setoran kepada juru parkir resmi dari dinas perhubungan. Karena adanya juru parkir liar, banyak terjadi penyelewengan simbol-simbol yang telah ditetapkan dinas perhubungan oleh oknum-oknum juru parkir resmi atau juru parkir liar. Pemberian pelayanan lebih kepada pelanggan parkir. Selain itu pelanggan tidak mengerti adanya kartu kendali yang seharusnya menjadi hak pelanggan parkir berlangganan. Membayar retribusi karena mendapatkan karcis yang seharusnya tidak didapatkan. Pelanggan tidak enak “sungkan” dengan cara memberikan tips karena.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > School of Communication Science
Depositing User: Suryo Gigi Pustakawan Umsida
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:11
Last Modified: 28 Sep 2018 02:11
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1060

Actions (login required)

View Item View Item