Peer Riview Study Literatur Penerapan Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar

Sa’diyah, Elisa Chalimatus and Wulandari, Fitria Peer Riview Study Literatur Penerapan Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, Faculty of Islamic Sciene University Of Islam Malang.

[img] Text
study literatur penerapan model outdoor learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif.pdf

Download (593kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode Outdoor learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Reviews (SLR) Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara mengumpulkan dan mempelajari data-data berbagai jurnal yang relevan. Data-data yang sudah diperoleh, di analisis dan dikaji secara mendalam, sistematis dan kritis yang kemudian diuraikan secara naratif. Berdasarkan Analisis data menunjukkan pada siklus I ke siklus II terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 34,38 % dari 53,12 % menjadi 87,50%. Rata-rata presentase dari tiap siklus meningkat sebanyak 33,34 %, Pada siklus I rata-rata 55,20% dan siklus II rata-rata 88,54%. Dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran IPA terdapat 3 langkah yang harus dilakukan yaitu langkah persiapan, langkah pelaksanaan, dan langkah tindak lanjut. Berdasarkan langkah –langkah penerapan metode Outdoor learning dapat di simpulkan bahwa metode Outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Kata kunci: Outdoor learning, Hasil belajar kognitif, Sekolah Dasar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 30 Aug 2022 00:58
Last Modified: 08 Sep 2022 16:14
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item View Item