Peer Riview Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Mind Mapping dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Febriyanti, Siti Aulia and Wulandari, Fitria Peer Riview Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Mind Mapping dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA, Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.

[img] Text
hubungan kemampuan berpikir kraetif melalui model mind mapping.pdf

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kreatif melalui model mind mapping dengan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 8 Tulangan yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran mind mapping dan tes berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian yang diperoleh yaitu analisis korelasi serhana (r) sebesar 0,645 dan uji signifikan koefisien korelasi sederhana (Uji t) yaitu thitung > ttabel (4,303 > 2,056) dan signifikansi (0,001 ˂ 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahawa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kreatif melalui model mind mapping dengan hasil belajar siswa sekolah dasar, karena hasil analisis korelasi sederhana (r) positif berarti semakin tinggi kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran mind mapping maka semakin meningkatkan hasil belajar, hal tersebut dapat dipercaya dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% atau taraf signifikansi 0,05. Kata kunci : Berpikir Kreatif; Pembelajaran Mind Mapping; Hasil Belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 30 Aug 2022 00:58
Last Modified: 08 Sep 2022 16:11
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/10245

Actions (login required)

View Item View Item